|

Lakukan Pemerataan Pendidikan


TANJUNG REDEB   -  Dinas Pendidikan Berau akan tetap berkomitmen untuk memajukan dunia pendidikan. Yakni melakukan pemerataan pendidikan baik di perkotaan, bahkan sampai masyarakat pedalaman sekalipun.
Karena pendidikan yang bermutu bisa menjadi kunci sukses menunjang proses pembangunan lainya.
Ini, dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Rohaini, di ruang kerjanya (31/12). Selain itu juga di sampaikan, dengan upaya yang dilakukan Disdik pada 2010 ini memperbaiki sarana dan prasarana penunjang keberhasilan dalam bidang pendidikan, mencakup semua wilayah kabupaten.
Hal ini dianggap kurang untuk menunjang keberhasilan. Untuk itu di masa yang akan mendatang, Disdik terus berupayan untuk melakukan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan daerah.
?Itu saja tidak cukup untuk mengembangkan dunia pendidikan di Berau,? katanya.
Untuk mewujudkan kecerdasan dan kualitas para peserta didik, ke depan  merupakan tantangan tersendiri yang harus dilakukan di masa mendatang. Disdik akan melakukan pola pembinaan terhadap tenaga pengajar. Yakni mengikutsertakan para tenaga pendidik dalam berbagai pelatihan sesuai kompetensi.
Dengan mengikutsertakan para tenaga pendidik dalan pelatihan pengajaran masing- masing bidang studi ini, nantinya diharapkan para guru akan lebih memahami materi yang akan di sampaikan kepada para murid.
?Sebagai contoh guru matematika harus benar menguasai materi pelajaran matematika,? katanya.
Adapun pencapaian lain yang menjadi target pada 2011 ini, Disdik berupaya memaksimalkan pembangunan perpustakaan representatif  di setiap sekolah.
Saat ini, dinilainya kurang. Untuk pembangunan perpustakaan di setiap sekolah, tidak perlu dengan suasana mewah. Tetapi untuk pembangunan tersebut,  harus memiliki suasana yang menyenangkan jika para siswa mengujungi perpustakaan.
?Perpustakaan harus mempunyai warna tersendiri yang menimbulkan kesenangan para siswa jika mereka melakukan aktivitas membaca,? ujarnya.
Sedangkan, untuk jumlah tenaga guru yang ada di Berau sampai saat ini tercatat 3.100 tenaga guru termasuk bagi tenaga guru non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh wilayah Berau. Dia sangat menaruh harapan kepada tenaga guru di perkotaan maupun di pedalaman, selalu memberikan pengajaran terbaik kepada peserta didik.
Caranya melakukan pendekatan secara emosi kepada para siswa. Dengan cara melakukan pola pengajaran tersebut, para siswa lebih memahami materi yang disampaikan.
?Guru jangan menjadi sosok menakutkan bagi siswanya, untuk itu seorang guru harus mempunyai sisi kreatif dalam menyampaikan materi kepada para siswa.? tegasnya.(hms4)

Posted by SDIT Ash Shohwah on 7:52 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Lakukan Pemerataan Pendidikan"

Leave a reply

Blog Archive

Labels